MAKALAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMATIKA
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR..........................................................................................................i
DAFTAR
ISI.......................................................................................................................ii
BAB
I PENDAHULUAN
a. Latar
Belakang................................................................................................................2
b. Rumusan
Masalah...........................................................................................................3
c. Tujuan
dan Manfaat.........................................................................................................3
BAB
II PEMBAHASAN
a. Teknologi
Informasi.........................................................................................................4
b. Kemajuan
Teknologi Informasi dan Telekomunikasi..........................................................6
c. Dampak
Positif dan Negatif............................................................................................11
BAB
III PENUTUP............................................................................................................19
Kesimpulan.........................................................................................................................20
DAFTAR
PUSTAKA.........................................................................................................21
BAB 1 PENDAHULUAN
PERKEMBANGAN
TEKHNOLOGI INFORMASI
1.1 LATAR BELAKANG
Teknologi
Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk
memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai
cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang
relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi,
bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk
pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk
mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan
komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi
digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.Peran yang dapat
diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi
untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi,
dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan,
berita bisnis, dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau
kelompok yang satu dengan pribadi yang lainnya atau kelompok yang lainnya tanpa
mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau
faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran yang sering disebut
jejaring sosial .
Perkembangan
Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan
dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan elife,
artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik.
Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan
awalan e seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal,
e-medicine, elaboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis
elektronika. Penerapan teknologi informasi telah begitu pesat. Banyak hal yang
menguntungkan pengguna namun juga sering membawa dampak tidak menyenangkan.
Sopan santun berkomunikasi melalui teknologi seperti telepon seluler (ponsel),
dan penggunaan teknologi internet cenderung terabaikan dan tidak memperhatikan
iptak . Penggunaan teknologi sering tidak memperhatikan etika berkomunikasi
tidak hanya itu saja dampak dari era globalisasi yang terjadi saat ini begitu
banyak video yang tidak semestinya mereka unduh kedalam internet . Kemajuan
teknologi perlu perlindungan menyeluruh akan informasi jati diri kita agar
tidak disalahgunakan untuk keperluan-keperluan yang mengganggu. Seiring
perkembangan TI di masyarakat muncul.
1.2 PERUMUSAN
MASALAH
Bagaimana
perkembangan, pengaruh/ dampak serta cara pengngulangan Tekhnologi Informasi di
era Globalisasi ini…?
1.3 TUJUAN DAN
MANFAAT
Mengetahui
pengaruh perkembangan Tekhnologi Informasi serta dampak dan penanggulangannya
di era globalisasi ini.
BAB II PEMBAHASAN
TEKNOLOGI INFORMASI
Teknologi
Informasi dilihat dari kata penyusunnya adalah teknologi dan informasi. Secara
mudahnya teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses
penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman
informasi tersebut akan lebih cepat lebih luas sebarannya, dan lebih lama
penyimpanannya. Agar lebih mudah memahaminya mari kita lihat perkembangan di
bidang teknologi informasi. Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi
melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi. Bahasa memungkinkan seseorang
memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa yang
disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja, yaitu hanya pada
saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya itu saja. Setelah
ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan
dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga
terbatas. Untuk jarak tertentu, meskipun masih terdengar, informasi yang
disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.
Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan
gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan
disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih
lama. Beberapa gambar peninggalan jaman purba masih ada sampai sekarang
sehingga manusia sekarang dapat mencoba dan memahami informasi yang ingin
disampaikan pembuatnya .Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara
penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu
gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau
dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan
alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.Kemudian, teknologi
percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi
elektronik seperti radio, tv, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih
cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan. Evolusi
Ekonomi Global Sampai dua ratus tahun yang lalu ekonomi dunia bersifat agraris
dimana salah satu ciri utamanya adalah tanah merupakan faktor produksi yang
paling dominan. Sesudah terjadi revolusi industrim perancis dan inggris, dengan
ditemukannya mesin uap, ekonomi global berevolusi ke arah ekonomi industri
dengan ciri utamanya adalah modal sebagai faktor produksi yang paling penting.
Menjelang peralihan abad sekarang inl, cenderung manusia menduduki tempat
sentral dalam proses produksi, karena tahap ekonomi yang sedang kita masuki ini
berdasar pada pengetahuan (knowledge based) dan berfokus pada informasi
(information focused). Dalam hal ini telekomunikasi dan informatika memegang
peranan sebagai teknologi kunci (enabler technology) penting dalam era
globalisasi saat ini .
Kemajuan teknologi
informasi dan telekomunikasi begitu pesat, sehingga memungkinkan diterapkannya
cara-cara baru yang lebih efisien untuk produksi, distribusi dan konsumsi
barang dan jasa. Proses inilah yang membawa manusia ke dalam Masyarakat atau
Ekonomi Informasi. Masyarakat baru ini juga sering disebut sebagai masyarakat
pasca industri.
Apapun
namanya, dalam era informasi, jarak fisik atau jarak geografis tidak lagi
menjadi faktor dalam hubungan antar manusia atau antar lembaga usaha, sehingga
jagad ini menjadi suatu dusun semesta atau “Global village. Sehingga sering
kita dengar istilah “jarak sudah mati” atau “distance is dead” makin lama makin
nyata kebenarannya.Peran Teknologi Informasi Dalam kehidupan kita dimasa
mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang
paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi
pemimpin dalam dunianya. Teknologi informasi banyak berperan dalam
bidang-bidang antara lain . Bidang pendidikan(e-education). Globalisasi telah
memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap
muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka (Mukhopadhyay M.,
1995). Sebagai contoh kita melihat di Perancis proyek “Flexible Learning ?. Hal
ini mengingatkan pada ramalan Ivan Illich awal tahun 70-an tentang “Pendidikan
tanpa sekolah (Deschooling Socieiy)” yang secara ekstrimnya guru tidak lagi
diperlukan.Bishop G. (1989) meramalkan bahwa pendidikan masa mendatang akan
bersifat luwes (flexible), terbuka, dan dapat diakses oleh siapapun juga yang
memerlukan tanpa pandang faktor jenis, usia, maupun pengalaman pendidikan
sebelumnya. Tony Bates (1995) menyatakan bahwa teknologi dapat meningkatkan
kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan
latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi.
Dari ramalan dan pandangan para cendikiawan di atas dapat disimpulkan bahwa
dengan masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa mendatang akan lebih
bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada
produktivitas kerja saat itu juga Dan kompetitif. Kecenderungan dunia
pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah:
- Berkembangnya
pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning).
Kemudahan untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh perlu
dimasukan sebagai strategi utama.
- Sharing resource
bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan
- Perpustakaan
& instrumen pendidikan lainnya (guru, laboratorium) berubah fungsi menjadi
sumber informasi daripada sekedar rak buku.
- Penggunaan
perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam
pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video. Dengan adanya
perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini
sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media
internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai
mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan
berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat
dilakukan. Faktor utama dalam distance learning yang selama ini dianggap
masalah adalah tidak adanya interaksi antara dosen dan mahasiswanya atau tatap
muka. Namun demikian, dengan media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan
interaksi antara dosen dan siswa baik dalam bentuk real time (waktu nyata) atau
tidak. Dalam bentuk real time dapat dilakukan misalnya dalam suatu chatroom,
interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan online meeting dan
tidak hanya itu saja mungkin jaman sekarang pekerja tidak perlu datang kekantor
lagi. Yang tidak real time bisa dilakukan dengan mailing list, discussion
group, newsgroup, dan buletin board. Dengan cara di atas interaksi dosen dan
mahasiswa di kelas mungkin akan tergantikan walaupun tidak 100%. Bentuk-bentuk
materi, ujian, kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke
dalam web, seperti materi dosen dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat
di download oleh siswa. Demikian pula dengan ujian dan kuis yang dibuat oleh
dosen dapat pula dilakukan dengan cara yang sama. Penyelesaian administrasi
juga dapat diselesaikan langsung dalam satu proses registrasi saja, apalagi di
dukung dengan metode pembayaran online. Suatu pendidikan jarak jauh berbasis
web antara lain harus memiliki unsur sebagai berikut:
(1) Pusat kegiatan
siswa; sebagai suatu community web based distance learning harus mampu
menjadikan sarana ini sebagai tempat kegiatan mahasiswa, dimana mahasiswa dapat
menambah kemampuan, membaca materi kuliah, mencari informasi dan sebagainya.
(2) Interaksi
dalam grup; Para mahasiswa dapat berinteraksi satu sama lain untuk
mendiskusikan materi-materi yang diberikan dosen. Dosen dapat hadir dalam group
iniuntuk memberikan sedikit ulasan tentang materi yang diberikannya
(3) Sistem
administrasi mahasiswa; dimana para mahasiswa dapat melihat informasi mengenai
status mahasiswa, prestasi mahasiswa dan sebagainya.
(4) Pendalaman
materi dan ujian; Biasanya dosen sering mengadakan quis singkat dan tugas yang
bertujuan untuk pendalaman dari apa yang telah diajarkan serta melakukan test
pada akhir masa belajar. Hal ini juga harus dapat diantisipasi oleh web based
distance learning
(5) Perpustakaan
digital; Pada bagian ini, terdapat berbagai informasi kepustakaan, tidak
terbatas pada buku tapi juga pada kepustakaan digital seperti suara, gambar dan
sebagainya. Bagian ini bersifat sebagai penunjang dan berbentuk database.
(6) Materi online
diluar materi kuliah; Untuk menunjang perkuliahan, diperlukan juga bahan bacaan
dari web lainnya. Dalam Bidang Pemerintahan (e-government). E-government
mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti
menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan
keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa merupakan suatu proses
transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi danjaringan
internet, lebih umum lagi dikenal sebagai world wide web. Pada intinya
egovernment adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan
hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. penggunaan teknologi informasi
ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C(Governmet to
Citizen), G2B (Government to Business) , d a n G 2 G (Government to
Government).\ Manfaat e-government yang dapat dirasakan antara lain:
(1) Pelayanan
servis yang lebih baik kepada masyarakat. Informasi dapat disediakan 24 jam
sehari, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor. Informasi
dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor
pemerintahan
.
(2) Peningkatan
hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum. Adanya
keterbukaan (transparansi) maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak
menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan
dari semua pihak.
(3) Pemberdayaan
masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya informasi yang
mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. Sebagai
contoh, data-data tentang sekolah: jumlah kelas, daya tampung murid, passing
grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang
tua untuk memilihkan sekolah yang pas untuk anaknya.
(4) Pelaksanaan
pemerintahan yang lebih efisien. Sebagai contoh, koordinasi pemerintahan dapat
dilakukan melalui e-mail atau bahkan video conference. Bagi Indonesia yang luas
areanya sangat besar, hal ini sangat membantu. Bidang Keuangan dan Perbankan
Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang
tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi pembayarannya, tetapi telah
memanfaatkan layanan perbankan modern. Layanan perbankan modern yang hanya ada
di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena pertumbuhan ekonomi saat ini yang
masih terpusat di kota-kota besar saja, yang menyebabkan perputaran uang juga
terpusat di kota-kota besar. Sehingga sektor perbankan pun agak lamban dalam
ekspansinya ke daerah-daerah. Hal ini sedikit banyak disebabkan oleh kondisi
infrastruktur saat ini selain aspek geografis Indonesia yang unik dan luas.
Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti
bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses
dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi
informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun
dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang
nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang
lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.
Pengembangan teknologi dan infrastruktur telematika di Indonesia akan sangat
membantu pengembangan industri di sektor keuangan ini, seperti perluasan
cakupan usaha dengan membuka cabang-cabang di daerah, serta pertukaran
informasi antara sesama perusahaan asuransi, broker, industri perbankan, serta
lembaga pembiayaan lainnya. Institusi perbankan dan keuangan telah dipengaruhi
dengan kuat oleh pengembangan produk dalam teknologi informasi, bahkan mereka
tidak dapat beroperasi lagi tanpa adanya teknologi informasi tersebut. Sektor
ini memerlukan pengembangan produk dalam teknologi informasi untuk memberikan
jasa-jasa mereka kepada pelanggan mereka. Program pengembangan sistem informasi
di Indonesia Program pengembanan sistem informasi (program 16.6.01) dimaksudkan
untuk mengembangkan sistem informasi yang diperlukan untuk meningkatkan
masuknya informasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi di dunia
internasional,memperlancar pertukaran dan penyebaran informasi ilmu pengetahuan
dan teknologi, serta meningkatkan sistem perencanaan, pengelolaan, pemantauan kegiatan
dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Besarnya biaya yang dikeluarkan
pemerintah untuk melakukan kajian, penelitian, penerapan penguasaan dibidang
teknologi informasi selama kurun waktu tahun anggaran 1997/1998 sampai 2001
dapat dilihat pada Tabel dibawah ini.
Tabel di bawah
memperlihatkan APBN (rupiah murni) untuk program pengembangan sistem informasi,
tahun anggaran 1997/1998 sampai 2001
Tabel. APBN untuk
pengembangan sistem informasi tahun 1997/1998 sampai 2001
No Tahun Anggaran
Anggaran (jutaan rupiah)
1. 1997/1998 28.235
2. 1998/1999 32.622
3. 1999/2000 24.538
4. 2000 52.236
5. 2001 30.956
Kehadiran
teknologi internet yang semakin canggih telah merubah gaya hidup manusia dan
tuntutan pada kompetensi manusia. Kini kehidupan manusia semakin tergantung
pada komputer. Hal-hal berikut menggambarkan besarnya keterlibatan teknologi
informasi dalam kehidupan manusia.
1.
Produk yang digerakkan sistim komputer.
Di masa depan
produk-produk kebutuhan hidup manusia sehari-hari akan menjadi produk yang
cerdas (smart product). Produk yang cerdas adalah produk yang telah memiliki
komponen inteligensi manusia. Produk yang demikian bisa membantu manusia untuk
melakukan hal terbaik bagi kehidupannya.
Berikut ini
berbagai contoh produk yang cerdas.
a. Mobil yang
cerdas (smart car). Mobil masa depan tidak bisa dihidupkan bila supirnya mabuk.
Bau alkohol yang keluar dari mulut supir akan menutup sistim kerja mesin mobil.
Kalau mobil rusak, sistim komputer akan memberi tahu bagian mana saja yang
rusak. Layar monitor dalam mobil memberi tahu daerah yang macet lalu lintasnya.
b. Kartu yang
cerdas (smart card). Berbagai kartu yang ada (ATM, SIM, KTP, Asuransi,
Kesehatan, dll) akan dihimpun dalam satu kartu saja. Selain itu kartu bisa
digunakan untuk berbagai fungsi lain, misalnya untuk kunci mobil, kunci rumah,
dll.
c. Rumah yang
cerdas ( smart house). Rumah bisa diperintah untuk melaksanakan sendiri
tugas-tugas seperti, menentukan suhu ruangan, menghidupkan mesin air di bak
mandi di saaat pemilik rumah dalam perjalanan menuju rumah, memberi makanan
buat kucing/anjing, menghidupkan dan mematikan kompor, menutup pintu dan
garasi, mengecek persedian makan di kulkas, dll.d. Jalan yang cerdas (smart
road). Jalan bisa memberi tahu pengendara mobil kalau ada kecelakaan di depan.
Selain itu ia bisa mengingatkan bahaya kecelakaan jika jarak antar mobil yang
di depan dan di belakang terlalu dekat.
2.
Perancangan produk dikelola oleh
komputer.
Sistim komputer
yang sudah menjadi net-worked intelligence akan memudahkan kehidupan konsumen.
Melalui internet pembeli dapat menghubungi berbagai perusahaan yang menawarkan
produk. Di masa depan produk yang akan dibeli dirancang sendiri oleh konsumen.
Pembeli rumah bisa merancang sendiri bentuk rumahnya, jumlah kamar, susunan
kamar, serta asesoris yang diperlukannya. Pembeli sepeda dapat merancang
sendiri bentuk sepeda yang diinginkannya berdasarkan pilihan komponen yang
tersedia dalam komputer. Akan ada butik roti (bakery boutique) yang
memungkinkan konsumen untuk membuat sendiri komposisi gizi di dalam rotinya.
Komputer yang dimiliki perusahaan pembuat produk telah memasukkan komponen
produk seperti komponen kecil dalam permainan lego. Berdasarkan pilihan
komponen yang tersedia rancangan produk dapat dibentuk sendiri oleh pembelinya.
3.
Proses kerja yang digerakkan oleh
komputer
Tersedianya
fasilitas intranet dan internet memungkinkan orang bekerja dari mana saja.
Orang bisa berhubungan dengan kantornya dari rumah, dari pesawat, dan dari
kamar hotel. Pekerjaan dapat dilakukan dari jarak jauh. Kantor menjadi maya
(virtual). Bank tidak perlu lagi mempunyai karyawan terlalu banyak karena
transaksi dilayani secara elektronik. Kini semakin banyak bank maya (virtual
bank). Kondisi yang demikian ini menyebabkan jumlah ruangan kerja yang
dibutuhkan semakin menciut dan penghematan biaya kantorpun dapat dilakukan.
Kini orang dapat berbelanja dari rumah melalui internet. Barang dapat dikirim
langsung ke pembeli oleh produsen. Kini posisi para agen, distributor,
wholesaler makin terancam. Penengah (mediator) antara produsen dan konsumen
makin tidak diperlukan, karena konsumen dapat langsung berhubungan dengan
produsen. Biro perjalanan semakin tersaingi oleh internet, karena orang dapat
memesan langsung tiket pesawat, tiket kapal laut, tiket kereta api, atau tiket
bis pada perusahaan transportasi. Pembayaran cukup dibayar dengan kartu kredit,
dan tiket bisa diambil di bandar udara.
4.
Komputer menjadi sarana komunikasi
efektif.
Kehadiran bisnis
internet telah merubah pola komunikasi. Kiriman surat semakin berkurang karena
orang lebih banyak berkirim surat dengan e-mail. Orang sekarang bisa mengobrol
dari dalam kamarnya dengan siapa saja tanpa batas ruang dan waktu. Program
internet relay chatting (IRC) yang tersedia dalam komputer bisa diakses dengan
internet, dan sipemakai bisa menghubungi siapa saja, apakah teman chatting
berasal dari kota yang sama, atau di kota lain di seluruh dunia. Internet
semakin mengurangi pengggunaan mesin faksimili, karena dokumen dapatdikirim
dalam waktu yang sangat cepat dengan e-mail. Dokumen dapat dikirim pada banyak
orang diseluruh dunia. Penghematan yang sungguh luar biasa, dari segi waktu,
biaya dan tenaga.
5.
Komputer sebagai pusat informasi.
Tersedianya
website yang bisa diakses melalui internet telah membuat komputer sebagai suatu
pusat informasi. Komputer yang terhubungi oleh internet menjadi guru buat semua
orang. Hampir semua jenis informasi bisa dicari dari internet. Kini pengguna
komputer dapat menambah pengetahuannya dalam berbagai bidang disiplin ilmu
dengan mudah. Di beberapa perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri,
sudah banyak dosen yang menyimpan catatan kuliah, artikel jurnal, dan bahan
bacaan lainnya di dalam homepage pribadi mereka. Mahasiswa dapat dengan leluasa
membuka homepage tersebut dan membaca serta mencetak artikel untuk keperluan
studi mereka. Masih banyak lagi hal-hal lain yang merupakan dampak internet dan
teknologi komputer pada kehidupan manusia yang terlalu panjang untuk diuraikan
dalam tulisan ini. Dampak Psikologi Teknologi Internet Belum ada kajian yang
sistimatik mengenai dampak dari teknologi internet dan permainan elektronik
terhadap berbagai dimensi psikologi kehidupan manusia. Apa yang ditulis berikut
ini lebih banyak merupakan pertanyaan yang kiranya perlu dijawab melalui suatu
penelitian yang sistimatik. Berbagai aspek yang kiranya akan terpengaruh akan
diuraikan berikut ini:
1. Perbedaan
kepribadian pria dan wanita.
Kehadiran komputer
dan internet telah merubah dunia kerja, dari tekanan pada kerja otot ke kerja
otak.. Implikasinya adalah perbedaan perilaku pria dan wanita semakin mengecil.
Kini semakin banyak pekerjaan kaum pria yang dijalankan oleh kaum wanita.
Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang
memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam
dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya
merupakan pekerjaan pria semakin menonjol. Data yang tertulis dalam buku
Megatrend for Women:From Liberation to Leadership yang ditulis oleh Patricia
Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa peran wanita dalam
kepemimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang
politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, menteri, dan berbagai
jabatan penting lainnya. Selain itu semakin banyak wanita yang menjadi pimpinan
perusahaan dan sekaligus menjadi pemilik perusahaan. Di Indonesia selama 54
tahun merdeka belum pernah ada wakil presiden wanita, kini di tahun 1999
Indonesia sudah memilikinya. Peran wanita dalam pengambilan keputusan dalam
kehidupan keluarga semakin besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Amerika
Serikat 75 persen dari keputusan yang menyangkut kesehatan dalam keluarga
diputuskan oleh wanita. Wanita membeli 50 persen dari mobil yang terjual di
Amerika. Bahkan Toyota melaporkan bahwa 60 persen pembeli mobil mereka adalah
kaum wanita.Sekitar 80 persen dari belanja keperluan konsumen sehari-hari
dibelanjakan oleh kaum wanita. Hal yang tidak kalah menariknya adalah semakin
banyak wanita yang melakukan pekerjaan yang tadinya pekerjaan yang dominan
dilakukan kaum pria. Kalau semula pekerjaan membeli ban baru untuk mobil
umumnya dilakukan pria, kini ban mobil yang terjual di USA sekitar 45 persen
dibeli oleh kaum wanita. Peralatan sport yang laku di USA 40 persen berasal
dari pembeli wanita. Hal lain yang menonjol adalah 75 persen pakaian pria
dibeli oleh wanita, dan seperempat dari mobil truk yang laku di USA dibeli oleh
wanita (Aburdene & Naisbitt, 1993). Tampaknya wanita semakin dominan
perannya dalam kehidupan masa kini. Sayang sekali data perilaku wanita yang
rinci seperti itu tidak dimiliki oleh kita di Indonesia.. Namun rasanya
kecenderungan seperti itu juga muncul di Indonesia walaupun tidak sepantastis
wanita di Amerika Serikat. Diduga kecenderungan perilaku wanita seperti yang
dikemukakan di atas akan semakin dominan di milenium baru ini. Selain internet
ada permainan komputer yang diduga akan mempersempit perbedaan kepribadian pria
dan wanita. Banyak permainan elektronik Play Station yang sangat populer di
Indonesia. Permainan dalam PS sangat banyak yang menonjolkan kekerasan.
Permainan ini sangat digemari oleh anak laki-laki maupun anak perempuan. Kini
berbagai permainan tersebut dapat diakses dan dimainkan melalui internet. Kini
internet sudah menjadi pusat hiburan. Kita belum memperoleh informasi yang
sistimatik tentang perbedaan aspek kognitif dan kepribadian pria dan wanita
sebagai akibat penggunaan teknologi komputer seperti yang dikemukakan di atas.
Apakah masih ada perbedaan sifat kepribadian seperti yang secara tradisional
kita ketahui bahwa wanita lebih menonjol dalam aspek verbal dan emosional,
sedangkan pria lebih menonjol dalam aspek non-verbal dan lebih asertif (lihat
Conger, 1975). Apakah ketakutan akan sukses semakin menipis pada kaum wanita
(lihat Alimatus Sahrah, 1996). Kalau dikaitkan dengan aspek psikologi peran
seks ( Bem, 1983.), apakah kini semakin banyak kelompok androgini, ataukah
semakin banyak porsi wanita yang berperan seks maskulin? Bila demikian apakah
dampaknya bagi hubungan sosial pria dan wanita?
2. Perkembangan
kognitif.
Berbeda dengan
menonton televisi yang para penonton bersifat pasif, internet dan permainan
elektronik sangat bersifat interaktif. Diduga internet dan permainan elektronik
dapat merangsang pertumbuhan kecerdasan anak-anak dan orang dewasa. Sejauah ini
belum ada pemantauan untuk melihat perkembangan inteligensi anak-anak
Indonesia. Apakah anak-anak semakin tinggi IQnya dibandingkan dengan generasi
sebelumnya? Apakah anak-anak pengguna internet lebih tinggi kecerdasannya jika
dibandingkan dengan yang bukan pengguna internet?. Di dalam komponen
inteligensi, apakah terjadi perbedaan yang mencolok antara komponen perceptual
speed dan spatial orientation dibandingkan dengan komponen verbal ability?
3. Perkembangan
seksualitas.
Selain dapat digunakan untuk berpacaran melalui progam internet
relay chatting (IRC), internet dapat pula digunakan untuk mengakses gambar dan
filem porno. Walaupun gambar porno dan cerita porno dapat diperoleh dari
berbagai sumber, kehadiran internet semakin menyemarakkan perolehan pronografi
tersebut. Banyak pakar yang berpendapatbahwa rangsangan seksual yang diperoleh
anak akan mempercepat proses kematangan seksual (lihat Conger, 1975). Sejauh
ini belum penulis ketahui apakah ada percepatandalam kehadiran menstruasi
pertama pada anak gadis, dan mimpi basah pertama padaanak laki-laki.Selain itu
belum ada pula informasi yang sistimatik tentang dampak internet pada
keterlibatan seks di luar nikah di kalangan remaja.
4. Kecemasan
teknologi
Menjelang
pergantian tahun 2000 banyak sekali manusia yang dilanda kecemasan dan
ketakutan menghadapi kutu Y2K (year two kilo). Ketakutan akan listrik mati,
pesawat akan tabrakan, uang di bank hilang, senjata nuklir menembakkan peluru
tanpa terkendali. Itu adalah beberapa contoh ketakutan di awal millenium ini.Selain
itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer
karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah
beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet
karena disambar petir. Smart products yang dikontrol oleh sistim komputer
seperti mobil, rumah, kartu dll. Akan menjadi sumber stres yang besar bila
terjadi gangguan dalam sisitim komputernya. Fenomena stres seperti ini yang
disebut dengan technostress (Hanson, 1989). Stres karena teknologi adalah salah
satu sumber stres dalam kehidupan manusia. Tentu saja banyaknya informasi yang
masuk melalui e-mail atau internet dapat pula menyebabkan information overload,
dan ini menjadi sumber stres yang lain. Berapa besar dampak stres teknologi ini
pada kehidupan manusia, sepengetahuan penulis belum pernah ada studi yang
mengidentifikasinya.
5. Pola interaksi
antar manusia
Kehadiran komputer
pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola
interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan tilpon telah membuka
peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Program internet
relay chatting (IRC), internet, dan e-mail telah membuat orang asyik dengan
kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warung internet ( warnet)
telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan
saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui
internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan
komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik
mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.Apakah dampak positif dan
negatif dari keadaan yang demikian ini? Apakah kematangan sosial anak datang
lebih awal atau justeru terlambat ataukah lebih cepat?
6. Penggusuran
manusia
Dalam kehidupan
yang digerakkan oleh teknologi informasi (komputer dan internet) kesuksesan
hidup didunia sangat tergantung pada penguasaan pengetahuan, dan kemampuan
mengelola emosi, dan kemampuan mengelola hubungan sosial. Banyak pakar
berpendapat bahwa kunci sukses untuk mengarungi kehidupan turbulensi\
perubahannya sangat tinggi, orang harus memiliki tiga modal, yakni intellectual
capital, social capital, soft capital, and spiritual capital (lihat Ancok,
1998; Ancok, 1999;Nahapiet & Ghoshal, 1998). Persingan dalam kehidupan,
baik itu kehidupan bisnis, kehidupan bermasyarakat, maupun kehidupan individual
sangat ditentukan oleh kemampuan berinovasi. Untuk bisa berinovasi diperlukan
kreatifitas yang tinggi dan pengetahuan yang luas. Teknologi informasi telah
meribah dunia kerja, dari kerja yang bertumpu pada otot ke pekerjaan yang
bertumpu pada otak. Pekerjaan masa sekarang
lebih menuntut karyawan yang berpengetahuan (knowledge workers). Kondisi ini
akan membuat jurang sosial antara mereka yang berpengetahuan (know) dan yang
tidak berpengetahuan (know-not). Mereka yang tidak memiliki pengetahuan akan
tergusur dari dunia kerja (Tappscott, 1996). Selain itu ada korelasi anatara
pengetahuan dan kekuasan (power).. Mereka yang mempunyai pengetahuan akan
memiliki kekuasaan. Sebaliknya mereka yang mempunyai kekuasaan bisa memiliki
pengetahuan, karena mereka bisa menggunakan orang yang berpengetahuan untuk
kepentingan kekuasaan. Kondisi ini akan membuat jurang sosial yang lain, yakni
jurang antara yang memiliki akses pada kekuasaan dan yang tidak memiliki akses
pada kekuasaan. Golongan ke dua ini akan termarginalisasi dalam kehidupan.
Jurang sosial ini akan menjadi pemicuk konflik yang berwujud keresahan sosial.
7. Kerahasiaan
alat tes semakin terancam Melalui internet kita dapat memperoleh informasi
tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara
langsung dari internet. Tes yang tersedia dalam internet yang pernah penulis buka
antara lain adalah tes asertifitas, locus of control, tes\ inteligensi
emosional, tes kecemasan. Kini semakin sulit untuk merahasiakan alat tes karena
begitu mudahnya berbagai tes diperoleh melalui internet. Program tes
inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses
melalui compact disk.. Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi
yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu
dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut. Hati-hati sobat kalau
menggunakan perangkat teknologi informasiPerangkat teknologi informasi banyak
manfaatnya, dapat membantu kita dalam banyak hal, tetapi
kalau penggunaannya ngawur bisa bencana yang diperoleh dari perangkat TI,
bahkan dapat mengantarkan pemiliknya ke penjara! Dua kejadian terakhir
mengingatkan kita soal ini.
- Anak SMP yang mengirim SMS teror bom lewat HP yang dipunyai telah ditangkap aparat. Meski katanya iseng saja, tapi itu sudah masuk ranah hukum.
- Penyebar email (forward email) soal kondisi 5 bank yang dianggap agak limbung juga sudah ditangkap aparat. Ingat, katanya hanya forward email. Tapi efeknya bahaya untuk perekonomian (perbankan) kita, masuk ranah hukum juga. Jadi,meski motifnya cuma sekadar iseng ataupun karena ketidakfahaman/ketidaktahuan terhadap aturan-aturan terkait, jangan sembarangan menggunakan perangkat TI (HP, komputer, internet, dan lain sebagainya). Sebab, pemerintah sekarang (mestinya duludulu juga) tak segan-segan menindak sang pelaku. Terlebih jika kasusnya sangat sensitifseperti penyebaran rumor perbankan yang dilakukan Erick Jazier Adriansjah, sales Bahana Securities, yang baru saja bikin gempar. Dari detiknet, dikabarkan, pihak Depkominfo melalui Indonesia Security Incident Responses Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII), langsung berkoordinasi dengan Unit Cyber Crime Bareskrim Mabes Polri, dan pihak internal Bank Indonesia, untuk menguak kasus penyebaran email likuiditas perbankan yang menyesatkan itu. Ketiga lembaga ini langsung bergerak sinergis sejak rumor beredar. Begitu ditemukenali, langsung dilakukan manuver untuk pelacakan. Hal-hal begini sudah diatur dalam UU ITE (Informasi Transaksi Elektronik), juga tentang hukumannya jika seseorang kedapatan menyebarluaskan informasi di dunia maya–salah satunya melalui surat elektronik–yang bisa meresahkan masyarakat. Gunakanlah perangkat TI sebagai upaya membuat nilai tambah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara maksimum.
BAB III PENUTUP
3.I KESIMPULAN
Perkembangan
teknologi informasi Indonesia sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya
manusia dalam memahami komponen teknologi informasi, seperti perangkat keras
dan perangkat lunak komputer; sistem jaringan baik berupa LAN ataupun WAN dan
sistem telekomunikasi yang akan digunakan untuk mentransfer data. Kebutuhan
akan tenaga yang berbasis teknologi informasi masih terus meningkat; hal ini
bisa terlihat dengan banyaknya jenis pekerjaan yang memerlukan kemampuan di
bidang teknologi informasi di berbagai bidang; juga jumlah SDM berkemampuan di
bidang teknologi informasi masih sedikit, jika dibandingkan dengan jumlah
penduduk Indonesia. Keberadaan bisnis yang tersebar di banyak tempat dengan
berbagai ragam perangkat keras dan lunak mulai menyadari tentang betapa
pentingnya untuk mempercayakan dukungan bagi keberhasilan pengolahan data
komputernya kepada satu sumber yang dapat dipercaya.
DAFTAR PUSTAKA
Michael A.
Mirabito – Barbara L. Moergenstern, The New Communication Technologies :
Communication in the Modern Age
Michael A.
Mirabito – Barbara L. Moergenstern, The New Communication Technologies :
Technical Foundations of Modern Communication
http://www.g-excess.com/id/sejarah-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi.html
http://nardyberkomunikasi.wordpress.com/2010/01/15/peranan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-kehidupan-sehari-hari/
William
L.Riveres , Teknologi komunikasi & masyarakat modern
_______________________________________________________________________________________
Kutipan langsung
_______________________________________________________________________________________
Kutipan langsung
contoh :
- “Pustaka Java berisi ribuan (lebih dari 5000) kelas beraneka ragam keampuhan. Kekayaan ini merupakan kandungan tersembunyi bahwa penggunaannya dapat menghemat ratusan jam kerja. Keampuhan ini hanya dapat dimanfaatkan bila kita rajin mencoba. Sebelum membuat solusi sendiri, coba eksplorasi pustaka bahasa, mungkin telah diselesaikan” (Bambang Hariyanto, Esensi-esensi Bahasa Pemrograman Java, 2007, Hal. 37-38).
- "Java memisahkan komponen untuk menampilkan keluaran dengan komponen untuk melakukan format keluaran. Keuntungan pemisahan antara lain format keluaran benar-benar sangat kaya melebihi yang dapat diperoleh di C++” (Bambang Hariyanto, Esensi-esensi Bahasa Pemrograman Java, 2007, Hal. 78).
- Argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang di inginkan oleh penulis atau pembicara (keraf,1983:3).
Kutipan tidak langsung
Contoh
- Polymorphism, yang berarti mempunyai banyak bentuk, merupakan konsep pokok di dalam perancangan berorientasi objek. Dua objek atau lebih dikatakan polymorphic jika mempunyai antarmuka-antarmuka yang identik namun mempunyai perilaku-perilaku berbeda. (Bambang Hariyanto, Esensi-esensi Bahasa Pemrograman Java, 2007, Hal. 357).
- Bahasa Java tidak lagi hanya untuk pemanis di web sebagai applet yang membikin Duke berdansa. Java adalah kakas, tetap hanya perangkat, bagaimanapun tetap hanya orang hebat yang dapat memberi arti penting kakas seperti dikatakan James Gosling, tokoh terpenting di Java : “All along, the language was a tool, not the end”’. (Bambang Hariyanto, Esensi-esensi Bahasa Pemrograman Java, 2007, Hal. 7-8).
- Seperti dikatakan oleh Gorys Keraf (1983:8) bahwa argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar y akin akan mendapat penulis bahkan mau melakukan apa yang dikatakan penulis.
0 komentar:
Posting Komentar